Kreasi Ubi


Di rumah lagi ada ubi jalar sebungkusan. Kalau beli suka lupa diolah, bahkan seringnya sampai bertunas, hehehe… Tapi alhamdulillaah jadi 3 macam masakan.

**********
twisted pizza

“Twisted Pizza”

(Cara lain menikmati pizza, inspirasi dari http://wearychef.com/twisted-pizza-breadsticks/)

Bahan pizza dough:

  • 1 buah ubi jalar ukuran kecil (kira2 sekepalan tangan), kukus, lumat
  • 4 sdm terigu
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdt parsley cincang
  • Sejumput garam

Bahan topping:

  • Daging, tomat, paprika, daun bawang, bawang bombay
  • Keju mozzarella
  • Oregano
  • Garam dan merica

Cara membuat:

  • Aduk semua bahan roti, tambahkan 1-2 sdm air jika kesulitan untuk membuat adonannya kalis. Diamkan sampai mengembang.
  • Sambil menunggu, campur semua bahan topping.
  • Gilas adonan roti, tata toppingnya, lipat, lalu untir seperti di gambar.
  • Panggang sampai matang.

**********
mozzaball

“Mozzaball ubi”

(Ini aku bikin untuk bekalnya Raja, sepertinya dia lebih suka kalau isi coklat hehehe… sesuai selera aja deh ya…)

Bahan:

  • Ubi jalar kukus, lumat
  • Keju mozzarella, potong dadu kecil2
  • Telur
  • Breadcrumbs/ricecrumbs (kebetulan kemarin adanya ricecrumbs, pengen coba oleh-oleh dari suami)

Cara membuat:

  • Bentuk bola2 dari ubi, isi dengan potongan keju, celup ke dalam telur, lalu gulingkan di atas breadcrumbs/ricecrumbs.
  • Goreng hingga matang.


**********
pastel tutup

“Pastel tutup isi pisang+butternut squash”

(Kalau yang ini khusus dibikin dalam rangka menyambut teman2 lama dan baby2-nya. Karena makanan ‘bayi’, jadi gak pake gula/garam. Tapi memang sudah manis kok, kecuali pengen tambah manis… Alhamdulillaah anak-anak itu doyan…)

Bahan:

  • Ubi jalar kukus, lumat
  • Pisang matang, parut
  • Butternut squash kukus, parut
  • Keju parut
  • Telur
  • Santan (boleh juga diganti susu lho, ini karena yang dibikinin usianya belum ada 1 tahun)
  • Bubuk kayu manis


Cara membuat:

  • Oles loyang/casserole pan/cetakan dengan mentega, lapisi dasarnya dengan ubi. Tuang pisang dan butternut squash, boleh dicampur, boleh juga diselang-seling (jadi kayak berlapis-lapis gitu), lalu taburi dengan bubuk kayu manis.
  • Siram dengan adonan telur+santan+ubi (adonan kental). Taburi keju (bagusnya cheddar parut, tapi aku lagi ngabisin stok mozzarella).
  • Panggang hingga matang.
Advertisements

One thought on “Kreasi Ubi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s